10 Pertanyaan saat Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Cara menjawab Pertanyaan Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan dalam pencarian kerja yang cukup menantang dan rumit. Bahkan bisa dibilang, wawancara kerja adalah salah satu tahapan yang paling menentukan diterima atau tidaknya kita dalam bekerja. Jadi sebelum melakukan tes wawancara kerja, alangkah baiknya kita mempersiapkan materi dan juga mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya. Salah satunya dengan cara mengumpulkan dan mencari tahu jenis maupun tipe pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan.

Ayokerja.id - cara menjawab pertanyaan wawancara kerjaAyokerja.id - cara menjawab pertanyaan wawancara kerja
Ayokerja.id – cara menjawab pertanyaan wawancara kerja

Dengan mempersiapkan materi ini sangat cukup membantu kita sebelum melakukan tes wawancara. Setidaknya kita juga mempunyai bayangan tentang apa saja pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh pewawancara. Lantas, seperti apa pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan oleh pewawancara itu? Dan bagaimana strategi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut?
Berikut ini 10 pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan dan juga cara strategi menjawabnya :

  1. Coba Ceritakan Soal Diri Anda?
    Salah satu pertanyaan wawancara yang sering tanyakan adalah “coba ceritakan soal diri Anda”. Ketika ingin menjawab pertanyaan yang satu ini, kuncinya adalah jangan seperti Anda membaca riwayat hidup. Akan tetapi, berikan informasi yang tegas dan menarik, misalnya ceritakan pengalaman kerja maupun skill yang Anda miliki.
  2. Apa Kelebihan Yang Anda miliki?
    untuk pertanyaan yang satu ini, jawablah secara akurat dan sesuai dengan kelebihan yang Anda miliki, bukan yang mengada-ada. Anda juga harus relevan dengan menjawab kelebihan yang berhubungan dengan jabatan atau posisi yang dilamar. Selain itu, saat menjawab pertanyaan tersebut, Anda juga harus menjawabnya secara spesifik dan juga tegas.

    Baca Juga : Persiapan Syarat Mendaftar CPNS 2018. Sebentar lagi dibuka !!

  3. Apa Kelemahan Yang Anda Miliki?
    Selain menanyakan kelebihan, pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan lainnya adalah menanyakan kelemahan yang dimiliki. Jangan sekali-kali Anda menjawab “Saya tidak memiliki kelemahan apapun”. Cobalah mencari jawaban yang bukan menjadi keunggulan Anda, tapi sedang berusaha diperbaiki.
  4. Apakah Anda Pernah Terlibat Konflik Di Perusahaan Yang Lama? Dan Seperti Apa Anda Menyikapi Masalah Tersebut?
    Biasanya sang pewawancara  menanyakan pertanyaan ini karena ingin mengetahui bagaimana cara Anda menghadapi suatu konflik. Semua orang dapat terlihat sempurna dalam wawancara kerja, tapi siapa dapat menebak apa yang akan terjadi jika konflik datang? Yakinkan pada pewawancara jika Anda dapat menghadapi segala masalah bentuk maupun situasi dengan terkendali.
  5. Kenapa Anda Berhenti (Mengundurkan Diri) Dari Pekerjaan Sebelumnya?
    Jika ini bukan wawancara untuk pekerjaan pertama Anda, maka bisa dipastikan bahwa pertanyaan ini pasti akan muncul. Intinya untuk menghadapi pertanyaan yang satu ini, usahakan semuanya tetap positif. Sampaikan jika Anda benar-benar berniat untuk memulai perjalanan baru dengan kesempatan yang baru juga.
  6. Bagaimana Rencana 5 Tahun Ke Depan Untuk Karir Anda?
    Jika ada pertanyaan seperti ini, jawablah sejujurnya rencana ke depan Anda. Bukan hanya jujur saja, melainkan dijawab dengan spesifik soal tujuan karier 5 ke depan Anda. Biasanya, pewawancara mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah Anda mempunyai ambisi untuk berkembang dan bertumbuh secara karir professional atau tidak. Jadi, jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah berfikir secara realistis.
  7. Apakah Anda Ada Rencana Menikah (Memiliki Anak Bagi Yang Sudah Menikah) Dalam Waktu Dekat Ini?
    Pertanyaan-pertanyaan mengenai status keluarga, usia, gender, agama atau lainnya yang bersifat pribadi sendiri sebenarnya terkadang tidak berarti apa-apa. Mungkin di sini, pihak pewawancara ingin berbicara lebih banyak dengan Anda. Bila pertanyaan seperti ini muncul, ada baiknya menjawab dengan santun dan mengembalikan topik pembicaraan ke arah semula.

    Lihat Juga : Strategi Mengerjakan Soal CPNS

  8. Berapakah Gaji Yang Anda Inginkan Di Perusahaan Ini?
    Mungkin ini salah satu pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan, bahkan bisa dibilang selalu ada saat wawancara kerja. Jika ingin menjawab pertanyaan ini, terlebih dahulu mempersiapkan riset soal kisaran gaji untuk posisi yang Anda lamar saat ini. Alangkah baiknya, Anda mengajukan menjawab dengan mengajukan nominal dalam bentuk range.
  9. Kenapa Kami Harus Memilih (Mempekerjakan) Anda?
    Di sini Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan cara menjual atau memperlihatkan semua kelebihan yang dimiliki. Pastikan juga, Anda memberikan jawaban dengan mencangkup 3 hal yang sangat penting. Yaitu mudah beradaptasi, menghasilkan yang terbaik, dan pilihan terbaik dibandingkan dengan kandidat lainnya.
  10. Apakah Ada Pertanyaan Yang Ingin Anda Ajukan?
    Ini merupakan waktu yang sangat tepat untuk mencari tahu lebih banyak mengenai perusahaan maupun posisi pekerjaan yang Anda inginkan. Mungkin untuk informasi yang umum sudah diberitahukan saat wawancara tadi berlangsung. Jadi di pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan satu ini, Anda bisa menanyakan hal-hal yang lebih spesifik lagi.

Demikian informasi tentang Cara Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja , Silahkan bagikan artikel ini untuk teman – teman anda yang mungkin membutuhkan persiapan untuk menghadapai tantangan mencari perkerjaan.

Leave a Reply