10 Syarat Menjadi Pegawai Bank yang Perlu Diketahui

Memasuki dunia kerja merupakan dambaan semua orang, terutama yang telah menyelesaikan pendidikan tinggi. Bagi mereka, bekerja menjadi tujuan utama setelah mendapat predikat sarjana. Banyak sekali bidang kerja yang menjanjikan perubahan kehidupan, salah satunya yaitu perbankan. Hal ini dikarenakan perbankan mampu menawarkan gaji dan jenjang karir yang menjanjikan. Lulusan dari berbagai macam konsentrasi ilmu bisa mendaftarkan diri di perusahaan perbankan. Berikut adalah beberapa syarat menjadi pegawai bank yang mungkin dapat membantu anda untuk mempersiapkan diri sebelum melamar menjadi pegawai bank.

  1. Berpenampilan Menarik

Syarat menjadi pegawai bank yang pertama ini sangat penting, karena setiap hari akan bertemu dengan nasabah. Penampilan yang menarik akan menambah keyakinan nasabah. Namun, bukan tampan atau cantik yang menjadi syarat untuk menjadi pegawai bank. Banyak orang yang tidak terlalu cantik atau tampan dapat bekerja di bank. Hal ini dikarenakan dia mampu menunjukkan kompetensinya dengan percaya diri.

  1. Rapi Dan Sistematis

Selain berpenampilan menarik, rapi dan sistematis juga merupakan syarat menjadi pegawai bank. Banyak pegawai perbankan yang mengutamakan kerapian baik itu rapi secara penampilan maupun rapi dalam pekerjaannya. Seperti seragam yang dikenakan sesuai dengan standar yang dimiliki oleh perusahaan. Selain kerapian, pegawai bank juga mengutamakan bekerja dengan sistematis. Hal ini dilakukan untuk mempermudah dalam menjalankan pekerjaannya. Misalnya, dalam menghadapi pertanyaan dan masalah yang di hadapi oleh nasabah. Maka pegawai akan memberikan respon atau jawabannya sesuai dengan standar SOP yang ditetapkan oleh perbankan.

  1. Menerapkan Senyum, Sapa Dan Salam

Perbankan merupakan bidang kerja yang sangat mengedepankan service-oriented . Pelayanan dalam sebuah bank menjadi salah satu fokus utama untuk memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Untuk itu dalam memberikan pelayanan terhadap pelanggan dimulai dengan memberikan salam. Kemudian menyapa pelanggan agar pelanggan merasa diperhatikan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap tersenyum. Karena sambutan hangat dan komunikasi yang ramah akan membuat nasabah merasa puas. Selain itu, nasabah tidak pergi begitu saja dan tidak merasa takut untuk bertanya disaat mengalami kesusahan.

  1. Sabar

Dalam dunia kerja, faktor kesabaran menjadi faktor utama dalam berkomunikasi. Baik itu berkomunikasi dengan sesama rekan kerja maupun dengan nasabah. Terlebih lagi untuk pegawai yang berada didepan yang belum tentu dalam keadaan mood yang bersahabat. Mereka harus memiliki kesabaran yang lebih untuk menghadapi nasabah.

  1. Mengutamakan Pelayanan     

Untuk dapat bekerja di perbankan calon pegawai harus mampu memberikan pelayanan prima. Apalagi untuk mereka yang bertugas sebagai teller dan customer service. Perbankan merupakan bidang yang bergerak dalam sektor jasa. Oleh karena itu, pelayanan menjadi hal utama.

  1. Tidak Mudah Bosan

Pekerjaan dalam perbankan terkesan tidak banyak perubahan, namun disinilah tantangan sesungguhnya. Untuk itu, sangat dibutuhkan orang yang mampu bekerja optimal karena harus mengerjakan pekerjaan yang cukup monoton.

  1. Teliti Dan Cermat

Untuk pegawai perbankan pada umumnya adalah mereka yang memiliki kriteria teliti dan cermat. Hal ini menjadi tuntutan pekerjaannya. Misalnya, jika akhir bulan dan laporan menumpuk maka harus segera dikerjakan. Semuanya terlihat seperti deretan angka, selisih  satu nol saja sudah berbeda nilainya.

  1. Bahasa Inggris

Untuk menjadi pegawai perbankan, ada tes yang harus dijalani. Salah satunya Tes Bahasa Inggris . Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dasar Bahasa Inggris calon pegawai. Dinyatakan lolos Tes Bahasa Inggris apabila calon pegawai mendapatkan skor minimal 500. Namun tidak semua bank mengadakan Tes Bahasa Inggris. Misalnya Bank Mandiri mengunakan tes ini pada seleksi Officer Development Program.

  1. Tinggi Badan

Syarat ini menjadi modal utama dalam persaingan dunia kerja. Rata-rata pihak perusahaan mencari calon pegawai dengan syarat tinggi badan minimal 155 cm untuk wanita dan 160 cm untuk pria. Syarat ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan.

  1. Sehat Jasmani Dan Rohani

Dan syarat menjadi pegawai bank yang terakhir adalah sehat jasmani dan rohani. Hal ini dilakukan dengan tes kesehatan. Yang dilakukan untuk mengetahui kebugaran calon pegawai baik dari penyakit maupun narkoba. Biasanya tes ini meliputi, tes darah, tekanan darah, buta warna dan tes urin.  Selain itu, tes psikologi juga dilakukan. Dalam tes ini tidak ada benar atau salah melainkan untuk mengetahui sejauh mana kepribadian dari calon pegawai.

Demikian 10 syarat menjadi pegawai bank yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: