Tips sukses wawancara kerja

10 Tips Wawancara Kerja dan Jawabannya Terbaru

Fresh GraduateSMA

Tips Wawancara Kerja tentunya akan dilalui oleh semua lulusan baru yang sedang mencari pekerjaan atau ingin mendapatkan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui beberapa tips wawancara kerja dan jawabannya agar anda lebih siap ketika melaluinya. Jika saat awal anda sibuk mendaftar di beberapa website lowongan pekerjaan kemudian tahap selanjutnya melakukan psikotes kini saatnya anda untuk wawancara.

Dalam proses wawancara tentunya menimbulkan kekhawatiran meski semua telah disiapkan dengan baik saat interview berlangsung tentunya ada perasaan grogi. Hal tersebut dapat mengurangi kepercayaan diri anda. Tetapi, beberapa strategi untuk wawancara ini perlu sekali anda pelajari agar mendapat gambaran dan dapat menjawab dengan tepat.

Pertanyaan yang diberikan beragam, biasanya seputar tentang diri anda, tentang pengalaman dan keterampilan dan gaji yang diharapkan. Dengan wawancara perusahaan tersebut dapat mengetahui seberapa loyalitas anda. Bagaimana mengatasi masalah dalam pekerjaan, bagaimana cara anda bekerja, tujuan karir anda dan seberapa besar kontribusi yang diberikan untuk perusahaan. Sehingga anda harus memahami jenis dan tipe pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara.

Selain memahami anda juga harus mempersiapkan jawaban yang tepat. Untuk anda yang ingin wawancara di beberapa tempat berikut kami berikan tips wawancara kerja dan jawabannya.

Tips Wawancara Kerja Dan Jawabannya

Berikut kami berikan beberapa tips wawancara kerja dan jawabannya:

  1. Menceritakan Tentang Diri Anda

Ceritakan tentang diri anda. Biasanya banyak yang menjawabnya dengan nama lengkapnya, alamat, hobi, cita-cita, dan berapa bersaudara. Padahal jawaban tersebut kurang tepat, yang benar adalah menjelaskan siapa nama anda, lulusan mana, jurusan apa, dan pengalamannya dimana saja.

  1. Alasan Memilih Jurusan Saat Kuliah

Kemudian saat menjawab pertanyaan ini jawablah bahwa jurusan yang anda pilih sesuai dengan minat bakat anda. Yakinkan kepada perusahaan tersebut bahwa jurusan yang anda pilih dapat menambah wawasan di beberapa bidang.

Lihat Juga : Syarat Menjadi Pegawai Bank

  1. Selain Pendidikan Formal, Apakah Memiliki Keterampilan Lain?

Pada poin ini anda dapat menjelaskan apa saja kelebihan anda. Seperti: dapat mengoperasikan komputer, aktif di organisasi apa saja, atau mungkin pernah menjuarai apa. Semakin banyak keterampilan dan juara di beberapa lomba tentunya perusahaan akan mempertimbangkan untuk memilih anda.

  1. Apa Saja Kelebihan Anda

Pertanyaan ini tentunya sangat menjebak jika anda baru melakukan wawancara. Karena dapat mengetahui bagaimana anda sesungguhnya bagi perusahaan tersebut. Anda harus memilih kelebihan yang berhubungan dengan jabatan atau posisi yang diincar. Misalnya dapat berkomunikasi persuasif tentunya jawaban ini sebagai tolak ukur cocok atau tidaknya di perusahaan tersebut.

  1. Apa Saja Kelemahan Anda?

Pertanyaan ini sebagai tanda seberapa jujurkah anda tentang diri sendiri. Tentunya pilihlah kelemahan yang tidak sama dengan bidang pekerjaan anda. Jika kelemahan anda dibidang berhitung, olahlah kata-kata tersebut menjadi “saya tidak suka berhitung tetapi saya terus mengikuti les matematika”.

  1. Apakah Anda Bersedia Bekerja Lembur?

Jika perusahaan tersebut menanyakan ini anda harus menjawabnya dengan bersedia. Karena pertanyaan tersebut merupakan tantangan untuk anda siap atau tidaknya.

  1. Mengapa Anda Melamar Di Perusahaan Kami?

Bidang yang saya lamar di perusahaan ini sesuai dengan pendidikan, kemampuan dan pengalaman saya. Sehingga saya ingin berkontribusi untuk memajukan perusahaan ini.

  1. Apakah Anda Bersedia Ditempatkan Di Luar Kota?

Jika anda mendapati pertanyaan ini, tentu harus menjawab bersedia. Karena jika telah bergabung di perusahaan ini tentunya harus menerima apa saja keputusannya.

  1. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Sebelum melakukan wawancara kerja kami menyarankan agar anda membaca informasi mengenai perusahaan tersebut. Jika jawaban anda tepat mereka akan menganggap bahwa anda serius untuk melamar di bagian tersebut.

  1. Berapa Gaji Yang Anda Harapkan?

Saya yakin jika perusahaan ini dapat memberikan saya gaji sesuai dengan pendidikan, kemampuan dan pengalaman saya. Sehingga saya mengikuti kebijakan perusahaan ini saja.

Bekerja memang kebutuhan semua orang sehingga anda juga harus melalui tahap wawancara terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir dan membayangkan hal-hal buruk. Karena jika anda mempelajari beberapa tips wawancara kerja dan jawabannya tentunya akan lebih mudah. Banyak tipe pertanyaan yang menjadi pilihan perusahaan. Seperti mengetahui sejauh mana loyalitas anda, tujuan karir, seberapa kontribusi yang diberikan dan masih banyak lagi. Sebelum anda pergi wawancara pelajari terlebih dahulu beberapa poin penting tentang pengalaman, keterampilan anda dan tentang perusahaan yang anda lamar.

Itu tadi adalah 10 tips wawancara kerja dan jawabannya yang kami berikan kepada anda. Tentunya jika anda pergi wawancara gunakanlah pakaian yang rapi dan sopan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

2 thoughts on “10 Tips Wawancara Kerja dan Jawabannya Terbaru

Leave a Reply