15 Syarat Fisik Kerja di Kapal Pesiar yang Wajib Diketahui

Memang bekerja di kapal pesiar menjadi impian sebagian banyak orang. Salah satu faktor pendorongnya adalah gaji yang memiliki nilai tinggi. Tidak hanya menjadi seorang pemimpin atau petinggi dalam kapal, namun jabatan apapun yang anda terima baik menjadi seorang pelayan didalam kapal, maupun menjadi server, gaji yang akan anda dapatkan bisa mencapai belasan juta. Karena saat anda berlayar mengikuti kapal pasti anda ikut berkeliling dari Negara satu ke Negara lainnya yang hal itu dapat ditempuh dengan beberapa bulan bahkan tahun, sehingga anda akan jarang pulang ke kampung halaman. Selain itu terdapat beberapa syarat yang memang harus dipenuhi untuk bekerja di kapal pesiar. Syarat fisik kerja di kapal pesiar cukup mengesankan. Hal terpenting adalah anda bisa menyiapkan segala sesuatunya sejak dini, termasuk keadaan fisik anda.

Syarat Fisik Bekerja Di Kapal Pesiar Dan Ketentuan Lainnya

Sebagai seorang yang bekerja di kapal pesiar, tentu anda harus menyiapkan segala hal yang menjadi persyaratan yang telah ditentukannya. Beberapa syarat serta ketentuannya adalah sebagai berikut :

  1. Kemampuan Bahasa

Karena kapal pesiar akan berkeliling dunia menjelajah laut, tentu anda harus memahami bahasa yang bertaraf internasional. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan dalam berkomunikasi diantara orang yang berkedudukan warga Negara lain. Bahasa internasional yang perlu anda ketahui adalah  bahasa perancis, bahasa jepang, bahasa mandarin atau bahasa lain yang ditentukan oleh lembaga kapal masing-masing. Namun jika anda bisa menguasai bahasa lain selain tersebut diatas, tentu terdapat nilai plus bagi anda yang hal itu bisa membuka peluang besar untuk bekerja di kapal pesiar.

2.Pendidikan Terakhir

Selain syarat fisik di kapal pesiar menjadi utama, pendidikan juga menjadi salah satu syarat yang penting. Karena pasti dalam bekerja disini bakal menemui banyak jenis orang, sehingga sangat memperhatikan mutu serta pelayanannya. Hal ini tentu berkaitan dengan kualitas dari kapal itu sendiri. Sehingga pendidikan tinggi akan menjadi tolok ukur utama dalam melamar untuk bekerja disini. Bisa dijelaskan secara umum pendidikan terakhirnya adalah SMA.

  1. Pengalaman Kerja

Secara umum peluang kerja saat membuka lowongan pekerjaan adalah pengalaman kerja menjadi salah satu pendorong untuk membuka peluang semakin besar. Dalam bekerja di kapal pesiar, akan sangat dipertimbangkan secara utama jika anda memiliki pengalaman kerja dengan posisi yang sama. Dengan minimal pengalaman anda adalah 2 (dua) tahun. Tidak perlu pembelajaran yang lebih lagi jika memang anda telah memiliki skill di bidang tersebut. Atau jika memang tidak memiliki pengalaman, anda bisa kursus ke lembaga-lembaga yang menyediakan kursus tentang kapal pesiar, mengingat begitu banyak dewasa ini lembaga yang membuka tempat kursus.

  1. Persyaratan Fisik

Inilah persyaratan yang paling standard yang sangat penting. Syarat fisik kerja di kapal pesiar merupakan hal yang sangat utama untuk diperhatikan. Karena bekerja di kapal pesiar bukanlah pekerjaan yang mudah. Karena mayoritas kapal yang beroperasi dalam ukuran besar, sehingga hal itu tentu banyak sekali yang menguras tenaga. Tidak menutup kemungkinan kondisi fisik anda bakal teruji dengan sebenarnya. Selain memiliki fisik yang sehat, juga disyaratkan memiliki kondisi fisik yang normal agar dapat bekerja secara maksimal. Selain itu juga dilarang menggunakan tato yang sangat mencolok saat mengenakan seragam kerja.

  1. Medical Check Up

Merupakan salah satu tahapan juga mengenai keadaan fisik anda. Hal ini perlu dan harus dilalui calon crew member kapal pesiar. Tapi medical check up untuk food handler serta non food handler tidaklah sama. Karena bagi food handler terdapat point-point yang lebih banyak. Sebelum melakukan check up terlebih dahulu dilakukan puasa dari malam sebelumnya hingga hari deadline pengecekan. Bagi anda yang memang perokok akan lebih baik jika untuk tidak merokok beberapa hari, agar mendapatkan hasil yang bagus. Pada umumnya tes yang dilakukan adalah dengan pengambilan sampel darah, tenggorokan, feses dan urine. Setelah tahap ini selesai, barulah anda disuruh makan, kemudian tenggang waktu satu jam diambil sampel darah lagi. Ketika menanti waktu satu jam, bisa digunakan untuk tes lainnya seperti x-ray, THT, mata, gigi serta cek fisik.

Hal-hal tersebut perlu diperhatikan jjika anda akan masuk bekerja didalamnya, syarat fisik kerja di kapal pesiar sangatlah sesuai dengan pekerjaan sesungguhnya. Karena jika tidak memiliki fisik yang sehat dan normal, hal itu tentu akan menyulitkan anda. Mengingat pekerjaan yang begitu berat dan melelahkan.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: