18 Syarat Mendaftar CPNS Tahun 2018

18 Syarat Mendaftar CPNS Tahun 2018 – Bekerja sebagai Pegawai Negri Sipil (PNS) dari dahulu hingga saat ini masih diminati oleh semua orang. Kabarnya, CPNS akan ada lagi ditahun ini sehingga penting untuk mengetahui Syarat Mendaftar CPNS Tahun 2018. Banyak yang menginginkan PNS ini karena pegawai banyak tunjangan salah satunya pokok yang merupakan gaji utama. Selain itu, ketika sudah keluar atau sudah tua mereka masih mendapatkan tunjangan masa tua. Sehingga mereka berfikir hidup akan sejahtera jika menjadi PNS. Hal tersebut sehingga membuat banyak orang berlomba-lomba untuk melamar menjadi CPNS ini. Jika anda ingin menjadi PNS tentunya harus memiliki integritas yang baik sehingga dapat menjadi contoh. Bagi anda yang ingin mendaftar, mengingat pemerintah akan segera membukanya lowongan besar-besaran CPNS. Baiknya agar anda melengkapi beberapa syarat mendaftar CPNS tahun 2018. Berikut kami akan bagikan kepada anda beberapa info penting mengenai CPNS

Syarat Mendaftar CPNS Tahun 2018

Berikut 18 syarat mendaftar CPNS tahun 2018 untuk anda:

  1. Warga Negara Indonesia Dan Bertaqwa Pada Tuhan Yang Maha Esa

Tentunya jika anda ingin mendaftarkan sebagai CPNS harus berwarga negara Indonesia. Harus memiliki KTP Indonesia karena nantinya penempatan juga hanya di Indonesia.

  1. Taat Kepada Pancasila, UUD 45 Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Mampu memahami dan menerapkan nilai-nilai yang tertuang dalam Pancasila, UUD dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Untuk diterapkan saat menjadi CPNS

  1. Sehat Jasmani Rohani Dan Berkelakuan Baik

Anda harus sehat jasmani dan rohani selain itu berkelakukan baik tidak pernah dihukum dipenjara atau tindak pidana kejahatan. Dibuktikan dengan menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

  1. Tidak Pernah Diberhentikan Secara Tidak Terhormat

Tidak pernah diberhentikan secara terhormat, tidak atas kemauan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat. Sebagai PNS/ Anggota TNI/ Polri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan swasta.

  1. Tidak Menjadi Pengurus Atau Anggota Partai Politik

Untuk menciptakan agar netral sehingga tidak menerima para CPNS yang menjadi pengurus atau anggota partai politik.

  1. Lulusan D3, S1, S2

Berijazah D3, S1 atau S2 sesuai dengan formasi jabatan yang anda pilih

  1. Lulusan PTN Atau PTS

Lulusan dari PTN atau PTS yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Yang mendapatkan pengesahan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan.

  1. IPK Minimal 2,65 dan 3,00

Untuk S1 minimal IPK adalah 3,00 dan untuk S2 IPK minimal 2,65.

  1. Ada Batasan Usia

Jika anda melamar sebagai CPNS, pihak panitia memiliki batasan usia diantaranya minimal usia 18 tahun. Untuk S1 maksimal usianya 30 tahun sedangkan S2 maksimal berusia 32 tahun.

  1. Score Toefl

Jika anda S1 Toefl minimal 400, sedangkan apabila anda S2 minimal score toefl 500.

  1. Fotocopy KTP

Memfotocopy KTP anda sebanyak 1 lembar untuk pendataan CPNS ini

  1. Fotocopy Ijazah Dan Transkrip Nilai

Kemudian memfotocopy Ijazah Dan Transkrip Nilai yang telah dilegalisir masing-masing 1 lembar.

  1. Surat Keterangan Akreditasi

Memfotocopy surat keterangan akreditasi dari BAN – PT kampus anda.

  1. Pas Foto Terbaru

Pas foto terbaru ini ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar dengan background merah.

  1. Mendaftar Pada Situs Online

Pihak panitia nantinya akan mengumumkan kepada CPNS agar mendaftarkan diri dengan situs online yang telah disediakan.

  1. Mengisi Formulir

Seluruh CPNS wajib mengisi formulir secara online dan dicetaknya kemudian ditanda tangani menggunakan tinta hitam.

  1. Mengunggah Secara Online Dokumen

Anda harus mengirim beberapa dokumen secara online, seperti: pas foto, scan ijazah dan transkrip, serta KTP.

  1. Mengirim Berkas

Jika poin sebelumnya mengunggah secara online pada poin ini mengirim beberapa berkas. Seperti: Formulir, Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy Ijazah dan Transkrip Legalisir, Surat Keterangan Sehat, Surat Pernyataan Materai 6.000, Pas Foto, Foto Copy Toefl Dan KTP. Kemudian berkas ini dimasukkan ke amplop coklat pada pojok kiri atas tuliskan nomor pendaftaran. Jika sudah berkas ini dikirim melalui pos yang tercatat disitus online.

Meskipun memiliki banyak saingan dalam mendaftarkan menjadi CPNS ini dan beberapa syarat mendaftar CPNS tahun 2018 ini yang cukup banyak. Semoga tidak menyurutkan niat anda untuk mendaftarkan diri. Jika anda merasa memiliki integritas yang baik dengan didampingi syarat yang lengkap tidak perlu putus asa. Untuk tanggal pembukaan tes CPNS memang belum pasti, tetapi alangkah baiknya untuk segera melengkapi persyaratan yang ada. Semoga informasi yang kami berikan ini bermanfaat untuk anda yang ingin menjadi CPNS.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: