7 Pekerjaan yang Banyak Dicari Orang di Indonesia

Tak sedikit para lulusan baru mengeluh saat mencari lowongan pekerjaan. Setiap ada job fair, pastinya mereka akan mendatangi dengan membawa CV masing-masing. Menurut data dari Badan Pusat Statistik, terdapat 7,04 juta penganggur di Indonesia. Tapi dibalik peristiwa tersebut, ada jalan keluar yang sebenarnya dapat dimanfaatkan. Karena, ternyata terdapat sejumlah profesi yang sangat dibutuhkan karena masih sangat kekurangan. Akan tetapi, profesi tersebut dalam dunia kerja memang tak mudah untuk dijalani. Butuh keahlian khusus untuk bekerja dalam profesi tersebut. Dibawah ini adalah beberapa pekerjaan yang banyak dicari orang :

  1. Ahli Kontruksi

Pekerjaan yang banyak dicari orang pertama adalah ahli konstruksi. Dalam menjalankan proyek infrastruktur tentunya tidak selesai dengan jangka waktu yang pendek. Bahkan bisa selesai sampai kurun waktu puluhan tahun untuk jenis pembangunan yang berkelanjutan. Maka dari itu, dibutuhkan pekerja yang memiliki keahlian dan sangat berkompeten pada bidang konstruksi. Profesi ini tidak bisa sembarangan untuk diklaim. Untuk melakoni pekerjaan ini, dibutuhkan sertifikat dan pengalaman yang khusus yang harus dimiliki setiap calon pekerja. Lulusan dari jurusan teknik sipil atau arsitektur sangat memiliki peluang untuk menyandang profesi ini.

  1. Auditor

Di negara Indonesia, masalah dalam bidang ekonomi terutama keuangan memang sangat pelik untuk dirasakan., terutama pada organisasi seperti perusahaan. Maka dari itu peran auditor sangatlah penting untung menunjang dan menjaga keuangan perusahaan tetap stabil.

Tugas auditor adalah mengecek setiap pengeluaran dan pemasukan yang didapat. Terutama untuk pengeluaran yang janggal atau tidak terlalu diperlukan. Profesi ini sangat diperlukan pada pemerintah guna melacak potensi korupsi yang marak terjadi. Mahasiswa lulusan akuntansi berpeluang untuk mengisi profesi ini.

  1. Arkeolog

Negara Indonesia memang sangat terkenal dengan temuan arkeolog. Dari Sumatera sampai buntung pulau Cenderawasih Papua, terdapat sederet temuan yang sangat berpengaruh terhadap dunia. Peran dari profesi ini kelihatannya masih sangat dibutuhkan. Terlihat dari banyaknya temuan di Indonesia yang malah didapat dari arkeolog asal negara luar. Disamping hal tersebut, situs peninggalan sejarah terdapat banyak yang belum atau tidak dilestarikan. Mahasiswa lulusan arkeolog dapat menjaga kelestarian dari peninggalan bersejarah dengan menempati profesi sebagai arkeolog.

  1. Analisis Data

Pada era sekarang ini sering disebut sebagai era big data, dimana terdapat informasi yang jumlahnya sangat banyak. Informasi tersebut dapat digunakan untuk kepentingan berbisnis. Oleh karenanya profesi sebagai analisis data sangat dibutuhkan. Profesi ini bertugas untuk mencari, verifikasi, serta memanfaatkan data informasi yang sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.

Data-data yang dianalisis bisa tergantung oleh sektor yang membutuhkannya. Apabila menyangkut bisnis, data yang dibutuhkan seperti tren, logistik, pasar, sampai pesaing. Mahasiswa yang berasal dari lulusan jurusan apapun bisa menempati profesi ini.

  1. Ahli perkapalan

Pekerjaan yang banyak dicari orang selanjutnya adalah ahli perkapalan. Sektor maritim saat ini memang sedang menjadi hal yang difokuskan oleh pemerintah. Pemerintah sedang mengejar target agar menjadi negara yang berdaulat secara maritim. Hal tersebut membuat profesi ini sangat dibutuhkan.

Ahli perkapalan juga sangat dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan minyak dan gas bumi yang berada di lepas pantai. Tugasnya yaitu memastikan agar kapal bekerja dengan dengan baik. Untuk mengisi profesi ini setidaknya Anda berasal dari jurusan teknik perkapalan.

  1. Social Media Strategist

Profesi ini baru dimulai setelah era 2005 an. Sesaat media sosial yang kian berkembang seiring berjalannya waktu, maka profesi ini baru sangat dibutuhkan. Bagi setiap orang yang menjalani profesi ini harus bisa menaklukkan beragam media sosial setiap harinya guna kepentingan bisnis dalam perusahaan. Misalnya menemukan trik terkini serta berkomunikasi dengan pelanggan.

Yang disayangkan adalah banyak orang yang sudah merasa puas dengan hanya memiliki akun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Padahal untuk menjalankan profesi ini diperlukan keahlian yang khusus dimulai dari mengolah data sampai mengolah emosional.

  1. Air Traffic Controler (ATC)

Meskipun profesi ini tidak begitu terkenal namun tanggung jawab yang harus dimiliki untuk menjalankan profesi ini sangatlah berat. ATC bertugas layaknya seperti polisi lalu lintas. Namun, yang diatur adalah pesawat terbang. Seorang ATC wajib memastikan pesawat lepas landas serta mendarat dengan selamat. Diharuskan mempunyai banyak pengetahuan tentang penerbangan. Untuk menekuni profesi ini Anda disarankan berasal dari jurusan teknik pesawat atau sekolah khusus ATC.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: