7 Suka Duka Kerja Di Luar Negeri Yang Tidak Banyak Diketahui

Setiap  orang yang telah beranjak dewasa pastinya akan berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan kehidupan yang layak tanpa membebankan orang tuanya. Maka tak jarang apabila banyak sekali orang yang memilih mencari uang di luar negeri. Bekerja di luar negeri memang lebih mendapatkan income yang lebih banyak. Suka duka kerja di luar negeri pastilah dirasakan bagi mereka yang mengadu nasib di luar negeri.

Mungkin Anda berpikir akan sulit apabila meninggalkan tanah air untuk pergi keluar negeri dengan segala macam perbedaan suasana. Akan tetapi, pada sisi lain saat Anda bekerja di luar negeri pasti banyak sekali hal-hal yang baru. Hal tersebut akan membuat hidup Anda semakin banyak pengalaman. Bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri, berikut adalah suka duka kerja di luar negeri yang perlu Anda ketahui :

  1. Kebebasan Yang Baru

Menetap di luar negeri akan membuat Anda merasakan kebebasan baru yang pastinya belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Anda bebas melakukan hal apapun dan pergi kemanapun yang Anda mau. Tetapi Anda juga harus ingat dengan tanggung jawab yang mengiringi kebebasan Anda tersebut. Jangan sampai kebebasan yang Anda lakukan malah akan membuat kehidupan Anda berantakan setelah tinggal di luar negeri. Untuk menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya mengingat niat awal Anda pergi keluar negeri untuk apa. Setidaknya Anda mempunyai niat untuk membangun karir di luar negeri, bukannya hanya sekedar untuk bermain-main saja.

  1. Waktu Terasa Lebih Cepat

Saat Anda berada di luar negeri, pandangan Anda tentang waktu akan berubah. Waktu akan dirasa sangat cepat berlalu. Dan ketika Anda pulang dari luar negeri setelah beberapa lama, keponakan, orang tua atau kerabat yang lain sudah bertambah umur. Keluarga atau kerabat Anda akan serasa memiliki kehidupan yang sangat jauh dari Anda. Anda pasti akan merasakan rindu ketika berada  di tengah-tengah mereka. Sementara Anda sedang berjuang mengadu nasib di luar negeri untuk beradaptasi ditempat yang baru. Hal tersebut dapat membuat hubungan dengan orang-orang terdekat menjadi renggang, namun bisa juga semakin dekat.

  1. Mendapatkan Teman Baru Dan Meninggalkan Teman Lama

Suka duka kerja di luar negeri, Anda akan mendapatkan teman baru atau orang baru. Anda juga akan menghabiskan waktu sehari-hari Anda bersama mereka. Akan tetapi disaat yang sama, Anda akan merasakan kehilangan teman lama Anda. Adanya perbedaan waktu antara luar negeri dengan Indonesia akan membuat Anda jarang berkomunikasi dengan teman lama Anda.

  1. Bahasa Baru

Mengetahui dan memahami bahasa baru adalah suatu keharusan yang dilakukan bila Ada ingin menetap di suatu negara lain. Anda akan berkomunikasi setiap harinya dengan menggunakan bahasa yang baru. Hal ini juga akan memudahkan Anda dalam hal transportasi  dengan melihat tanda-tanda di jalanan.

  1. 5. Homesick

Mungkin ini adalah suatu hal yang menjadi batu sandungan terbesar apabila Anda tinggal di luar negeri. Rasa rindu dengan rumah tidak akan dapat dihindari serta akan terasa berat. Tak sedikit cerita dari orang-orang yang bekerja di luar negeri mempersingkat atau memutuskan kontrak dengan perusahaan karena rasa rindu degan rumah. Oleh karenanya, sebelum Anda membuat keputusan untuk bekerja di luar negeri, lebih baik dipikirkan matang-matang. Tanyakan pada diri Anda sendiri apa tujuan dari bekerja di luar negeri ini sehingga Anda tidak mudah menyerah ketika merasakan homesick.

  1. Cerita Baru

Pengalaman yang Anda rasakan ketika bekerja di luar negeri pastinya dapat menjadi bahan cerita untuk dibawa pulang. Suka duka kerja di luar negeri bisa Anda ceritakan pada keluarga Anda ketika telah pulang ke kampung halaman. Berbagai pengalaman yang Anda dapatkan selama bekerja diluar negeri juga bisa dijadikan pelajaran berharga dalam hidup Anda.

  1. Tumbuh Secara Mandiri Dan Profesional

Ketika berada di tempat yang jauh dari rumah seorang diri merupakan pengalaman yang akan membantu Anda untuk tumbuh mandiri. Anda akan menjadi pribadi yang independen, mandiri, dan lebih kuat. Anda juga dipaksa untuk mempunyai pikiran yang lebih terbuka sebab Anda harus beradaptasi dengan lingkungan serta budaya baru. Pengalaman tersebut dapat menjadi motivasi saat Anda bekerja dan memperluas pandangan Anda setelah usai menjalankan tugas.

Jangan pernah berkecil hati dengan hal apapun yang sifatnya negatif. Seiring berjalannya waktu, Anda akan menemukan teman yang baru serta akan mulai beradaptasi dengan baik. Apabila kesempatan tersebut baik, maka ambillah. Sesuatu yang terlihat mengerikan di awal tidak akan  terasa menakutkan lagi saat Anda berhasil menaklukkannya.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: