8 Syarat Kerja di Kapal Pesiar untuk Wanita yang Harus DIketahui

Saat ini zamannya emansipasi wanita, pelaut tidak hanya untuk para kaum adam saja. Perlu Anda ketahui banyak sekali jumlah pekerja kapal pesiar wanita khususnya yang datang dari Indonesia. Para wanita bukan hanya sekedar bisa bekerja diluar negeri sebagai TKW saja, kesempatan untuk bekerja di kapal pesiar juga sangat terbuka lebar untuk wanita. Ambillah kesempatan tersebut untuk tujuan memperoleh upah yang besar serta dapat berkeliling dunia secara gratis. Karena hal tersebut maka tak heran apabila syarat kerja di kapal pesiar untuk wanita tidaklah mudah.

Kekhawatiran yang paling sering dirasakan oleh para calon pekerja di kapal pesiar khususnya untuk para wanita adalah seks bebas. Kasus Free sex  yang terjadi di kapal pesiar sangat banyak terjadi. Memang, tidak bisa dipungkiri apabila terdapat pekerja kapal pesiar yang seks bebas. Namun, kalau dikatakan mayoritas atau malah semua pekerja melakukannya, pasti tidak benar. Perilaku baik maupun buruk yang dilakukan karyawan kapal pesiar saat berlayar sangat tergantung dengan sifat pekerja itu sendiri. Biasanya, hal yang sering ditemui adalah para pekerja sering merasa kaget karena begitu bebasnya seks yang dilakukan oleh para tamu. Jangan takut menaklukkan tantangan yang baru meskipun Anda adalah seorang wanita, lantaran antara laki-laki dengan wanita sama di mata Tuhan. Termasuk untuk mencoba bekerja di kapal pesiar internasional.

Berikut ini merupakan persyaratan umum syarat kerja di kapal pesiar untuk wanita yang sangat penting untuk diketahui sebelum anda mendaftarkan diri ke badan tenaga kerja :

  1. Resume

Pastikan resume Anda dibuat dalam bentuk file Microsoft Word, Portable Document Format (PDF) atau Rich Text Format. Persiapkan resume Anda sebanyak 1 sampai 2 halaman menggunakan format ukuran huruf tidak kurang dari 10pt.

  1. Buatlah CV (Curiculum Vitae)

Persiapkan juga daftar pengalaman kerja Anda dimulai dari yang terakhir. Pihak manajemen kapal pesiar tentunya akan lebih senang apabila Anda menambahkan pengalaman kerja sebelum riwayat pendidikan. Tambahkan pula keterampilan (skill) di bawah riwayat pekerjaan yang mengarah terhadap posisi yang Anda lamar. Buat keterangan yang jelas, sebab kapal pesiar adalah perusahaan internasional. Maka dari itu belum tentu pihak manajemen mengetahui perusahaan terakhir tempat Anda bekerja.

  1. Buatlah Daftar Riwayat Pendidikan

Syarat kerja di kapal pesiar untuk wanita selanjutnya adalah membuat daftar riwayat pendidikan. Buatlah daftar riwayat pendidikan yang dimulai dari pendidikan yang paling tinggi. Apabila Anda memang belum mempunyai pengalaman kerja atau hanya memiliki sedikit pengalaman kerja, tidak masalah untuk menempatkannya di atas. Beberapa dari jenis pekerjaan di kapal pesiar tidak mewajibkan pelamar mempunyai pengalaman kerja sebelumnya.

  1. Daftar Bahasa

Buatlah daftar bahasa yang Anda kuasai, daftar bahasa sudah termasuk tingkat penguasaan Anda pada bahasa tersebut. Sebagai contoh, lancar (aktif) atau kurang aktif (pasif).

  1. Buatlah Keterampilan Khusus

Persiapkan bagian khusus pada lamaran kerja Anda guna menunjukkan keterampilan atau skill Anda yang sangat berhubungan dengan posisi kerja yang Anda lamar.

  1. Sertakan Foto

Lampirkan juga foto diri apabila diminta. Meskipun beberapa perusahaan kapal pesiar di Amerika tidak meminta foto diri, akan tetapi pasti ada beberapa perusahaan yang mewajibkannya. Buatlah foto diri Anda semenarik mungkin dan profesional.

  1. Sertakan Referensi

Tambahkan juga referensi dari orang-orang yang sudah berkompeten dalam menilai kemampuan Anda saat bekerja. Pastikan Anda menyertakan nomor telepon dengan format internasional yang diawali dengan +62 untuk Indonesia. Nomor tersebut sewaktu-waktu bisa digunakan sebagai sarana komunikasi antara manajemen kapal pesiar dengan orang yang mereferensikan Anda.

  1. Surat Lamaran

Bagian yang terpenting untuk melengkapi syarat kerja di kapal pesiar untuk wanita adalah membuat surat lamaran pekerjaan. Buatlah surat lamaran pekerja Anda sebanyak 400 kata atau bisa juga kurang sedikit dari 400. Berikan juga format (bold) untuk pengalaman kerja, keterampilan dan pendidikan yang menunjukkan bahwa Anda cocok mengisi posisi yang Anda lamar. Apabila Anda melamar lebih dari satu posisi, maka buatlah beberapa surat lamaran dengan format yang berbeda-beda. Mungkin pada posisi pekerjaan yang lain Anda ingin melebihkan kemampuan Anda pada bidang tertentu.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: