Cara Mendaftar CPNS secara Online yang Mudah

Salah satu profesi yang menjadi idaman bagi sebagian banyak orang adalah menjadi pegawai negeri. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, kini penyebaran informasi bisa di jangkau dengan cepat. Tidak jauh berbeda dengan informasi pembukaan lowongan untuk Calon pegawai secara online. Karena melalui jalur online hal itu akan akan memudahkan siapapun yang akan mengakses nya, dalam mekanisme rekapan pun juga akan lebih praktis serta lebih menghemat waktu. Biasanya situs online resmi dari pemerintah di upload kemudian di share dalam situs resminya masing-masing. Sehingga cara mendaftar CPNS secara online kini bisa di jangkau dengan mudah. Apalagi jika anda kini sebagai seseorang yang baru lulus dalam SLTA atau lulus Strata satu, sangat bagus nih mempelajari ini lebih lanjut.

Langkah Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendaftar CPNS Secara Online

Nah, untuk seseorang yang ingin mendaftar baru sebagai CPNS, baik untuk lembaga pendidikan maupun institusi lainnya, secara umum bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Buka Situs web

Langkah pertama yang anda lakukan untuk mendaftarkan diri melalui situs online adalah dengan membuka alamat website yang telah disediakan. Atau alamat website yang telah anda dapatkan. Biasanya dalam website tersebut dijelaskan mengenai mekanisme lembaga / perusahaan yang akan anda jadikan salah satu objek untuk mendaftaran CPNS. Juga didalamnya dijelaskan mengenai langkah-langkah secara singkat terkait dengan mekanisme pendaftaran.

  1. Membuat Akun

Langkah selanjutnya yang nantinya akan lebih memudahkan. Terlebih dahulu agar membuat akun dalam situs yang telah disediakan didalam website tersebut. Dengan memasukkan beberapa identitas pokok. Nah untuk melanjutkan dalam pendaftaran, anda bisa memilih menu pendaftaran yang berada dalam website tersebut. Kemudian anda akan melanjutkan dengan beberapa langkah selanjutnya yang akan membimbing anda.

  1. Mengisi Identitas

Dalam melakukan pendaftaran, identitas adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sehingga tidak jauh berbeda dengan cara mendaftar CPNS secara online. Langkah selanjutnya adalah anda memilih menu pendaftaran kemudian dilanjutkan dengan mengisi identitas, hal itu mencakup Nomor Induk Kependudukan, Nomor Kartu Keluarga atau juga bisa diisi dengan NIK KK, alamat email yang masih aktif, setelah itu barulah mencetak kartu informasi yang telah disediakan. Setelah diisi dan lengkap seluruhnya, silahkan klik “daftar” untuk melanjutkan dalam tahap selanjutnya.

  1. Login

Dalam melakukan cara mendaftar cpns secara online, langkah selanjutnya adalah dengan log in menggunakan NIK serta password yang telah anda daftarkan. Didalamnya anda akan melengkapi biodata lebih lanjut, kemudian dilanjutkan didalamnya juga anda akan memilih instansi yang akan anda tuju. Nantinya anda akan diarahkan ke alamat aplikasi sesuai dengan tujuan anda. Kemudian mengikuti langkah selanjutnya dan tahap ini diakhiri  dengan mencetak kartu pendaftaran.

  1. Pemberkasan

Tidak sampai disitu, langkah selanjutnya yang akan anda tempuh adalah dengan melakukan pemberkasan sesuai dengan persyaratan pendaftaran yang diberlakukan di masing-masing instansi. Tidak perlu khawatir, anda akan diarahkan ke dalam alamat aplikasi yang sesuai dengan tujuan anda. Lanjutkan dengan memilih jenis formasi apa yang anda inginkan. Dan selanjutnya mengunggah dokumen-dokumen yang telah anda siapkan sebelumnya. Serta dilampirkan pula kartu pendaftaran yang akan digunakan sebagai verifikasi.

  1. Verifikasi

Setelah semua langkah telah dilakukan maka tim verifikator dari instansi melakukan verifikasi berkas atau pun dokumen yang telah di unggah tersebut. Kemudian dokumen tersebut akan dikirimkan kepada pelamar sesuai dengan syarat-syarat pendaftaran. Dan cara mendaftar cpns secara online bisa dilanjutkan dalam langkah selanjutnya.

  1. Langkah Lanjutan

Tahap terakhir dari cara mendaftar CPNS secara online adalah jika melewati langkah tersebut jika anda dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi. Anda akan mencetak kartu peserta untuk ujian CPNS. Kemudian anda akan melanjutkan tes berikutnya pada tahap seleksi yang menggunakan CAT (Computer Assited Test).

  1. Jenis Formasi

Perlu anda ketahui bahwasanya dalam memilih formasi yang akan menjadi fokus anda, hanya bisa memilih satu (1) formasi yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan dalam institusi pendidikan dan satu periode.

Itulah beberapa langkah yang dapat ditempuh dalam mendaftar cpns secara online. Informasi yang berkelanjutan akan anda temui dalam website resmi yang dimiliki oleh setiap instansi pendidikan. Berbagai informasi diakses dan di unggah dengan cepat dan efisien. Sehingga pendaftar tidak akan merasa kesulitan dengan hal tersebut. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi anda terutama bagi pendaftar yang sedang mengajukan cpns. Selamat mencoba dan berjuang lebih giat.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: