Lihatlah 5 Tips Agar Diterima CPNS Ini Sebelum Mendaftar CPNS 2018

CPNS singkatan dari calon pegawai negeri sipil. Yang mana PNS kini telah menjadi suatu pekerjaan yang diminati banyak orang. Bahkan hingga saat ini banyak anak muda yang berbondong-bondong untuk mengikuti tes CPNS yaitu pintu gerbang PNS. Hal ini telah terbukti dari jumlah pendaftar yang setiap tahunnya selalu meningkat. Oleh karena itu pemerintah berusaha untuk terus meningkatkan lowongan baru dengan jumlah yang lebih setiap tahunnya. Namun, hal ini disertai dengan sedemikian rupa tes untuk lebih menghasilkan SDM yang berkualitas. Ditengah-tengah persaingan ketat ini, begitu banyaknya minat masyarakat untuk mencapai gelar PNS. Maka dibutuhkan usaha yang lebih untuk menjadi salah satu bagian dari mereka, yang berhak mendapatkan NIP. Singkatan dari nomor induk pegawai, yang selalu direbutkan. Maka bagi Anda, agar bisa keterima menjadi PNS harus lolos terlebih dahulu ujiannya. Berikut ini akan menguak langkah ampuh tips agar diterima CPNS. Maka perhatikan betul-betul dan terapkan dengan usaha yang tidak main-main.

5 Tips Agar Diterima CPNS Yang Ampuh 

Untuk bisa menjadi PNS maka harus melalui tes CPNS terlebih dahulu. Pekerjaan yang banyak disukai oleh lulusan sarjana ini memang menjadi rebutan. Bagi Anda yang ingin segera menjadi PNS, maka lakukan 5 langkah ampuh ini untuk bisa diterima menjadi PNS. Simak beberapa langkah berikut ini dengan seksama.

  1. Berdoalah Kepada Allah Dengan Sungguh-sungguh

Berdoa kepada Allah dalam hal tips agar diterima CPNS merupakan hal yang harus dilaksanakan. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, semua harus dengan campur tangan Tuhan. Dengan usaha keras jika tidak diimbangi dengan berdo’a maka tidak akan sesuai dengan sebuah ikhtiar. Karena hanya dengan pertolongan Allah lah yang akan merubah sesuatu dari yang tidak mungkin menjadi mungkin.

  1. Kerjakan Ujian Dengan Sejujur-jujurnya

Kejujuran Anda akan diuji dalam hal ini, karena mengingat banyak sekali orang yang kadang tidak jujur dalam menghadapi ujian. Untuk menjadi seorang PNS maka membutuhkan orang yang benar-benar jujur. Jangankan untuk berbuat curang, untuk izin ke kamar mandi saja Anda harus berpikir dua kali. Ruangan yang sudah dilengkapi dengan CCTV sehingga pengawas bisa mengawasi tanpa di ruangan. Ditambah lagi dengan soal ujian yang banyak da begitu rumit akan membuat Anda berkutat penuh dan membutuhkan usaha yang ekstra. Anda harus menguras pikiran di depan komputer hingga semua soal telah selesai.

  1. Kenalilah Tahap-tahapan Ujian

Selanjutnya, tips agar diterima CPNS adalah mengenali tahap demi tahap ujian. Karena setiap instansi pasti memiliki model ujian yang berbeda tergantung dengan segala kebutuhannya. Secara umum, yang perlu diketahui ada dua tahap seleksi yaitu seleksi kompetensi bidang dan teks kompetensi dasar. SKB yang akan menjadi tanggung jawab dari masing-masing instansi. TKD merupakan seleksi wajib yang harus dilampaui untuk mencapai kriteria kelulusan yang sama antar pelamar. Maka dalam hal ini haru benar-benar memperhatikan tahap demi tahap.

  1. Belajarlah Secara Konsisten Untuk Menuai Hasil Maksimal

Belajar adalah usaha yang harus Anda tekuni sebelum Anda melaksanakan ujian. Dengan belajar yang rutin, rajin, dan konsisten akan mempermudah Anda dalam mengerjakan soal-soal ujian CPNS. Anda akan menemukan banyak hal yang belum Anda ketahui yang kemudian muncul menjadi pertanyaan yang bisa Anda jawab. Belajarlah sekitar 30 menit per hari untuk lebih terbiasa dalam memenuhi ruang pikiran menuju ujian. Jangan sampai menggunakan sistem belajar kebut malam. Hal tersebut akan menghambat Anda untuk bisa fokus dalam mengerjakan soal-soal yang rumit. Sehingga Anda akan lelah terlebih dahulu di awal, dan tidak fokus dengan soal. Di dalam ujian Anda harus tenang dan memaksimalkan waktu, agar lebih mudah kerjakan soal yang paling mudah dahulu. Dan adakan simulasi CAT agar terbiasa.

  1. Mintalah Doa Restu Orang Tua Sebelum Berangkat Ujian

Untuk yang terakhir, ketika hendak berangkat ujian jangan lupa meminta doa restu dari kedua orang tua. Raihlah hati yang paling dalam ayah dan ibu Anda, karena doa yang paling baik adalah dari mereka. Atas restu mereka, akan bisa mencapai ridho Allah SWT. Jika sudah begitu serahkan semua kembali kepada Alah. Orang tua juga akan mendoakan yang terbaik untuk anaknya. Selamat mencoba dan jadilah orang-orang yang jujur dalam ujian, dan ikhlas akan segala hasil.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: