Siap Menjadi PNS Inilah Strategi Mengerjakan Soal CPNS

Strategi mengerjakan soal cpns CPNS sudah menjadi pekerjaan yang digandrungi oleh para lulusan sarjana. Bagaimana tidak? Jika menjadi PNS merupakan suatu kebanggaan tersendiri dengan gaji yang menjamin. Bahkan untuk menuju PNS, anak muda akan berlomba-lomba dalam merebutkan posisi. Maka untuk mengerjakan soalnya pun tidak mudah, dan harus benar-benar serius dalam mengerjakan. Dengan peraturan yang ketat Anda harus menggunakan kejujuran disini. Bagaimana bisa curang? Kalau setiap satu soal Anda akan dipusingkan di depan komputer masing-masing. Bahkan akan tersedia CCTV yang akan mengawasi Anda. Disini Anda bukan hanya diuji seberapa pintar, melainkan seberapa jujur dan ikhlas dalam menerima hasil keputusannya nanti. Untuk bisa mengerjakan soal secara lancar, maka memerlukan sebuah strategi mengerjakan soal CPNS.

Dengan strategi yang ampuh, sekiranya bisa membantu Anda. Sehingga Anda bisa lebih mudah mengerjakan, dan tidak membuang waktu terlalu lama. Capailah fokus dan ketenangan dalam mengerjakan soalnya, dan jangan gugup dalam berpikir. Simak beberapa penjelasan berikut ini tentang strategi mengerjakan soal.

Strategi Yang Bagus Untuk Mengerjakan Soal CPNS Hingga Menuai Sukses

Strategi memanglah penting dalam mengerjakan dan memulai sesuatu. Dengan strategi juga Anda akan mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan soal CPNS misal. Dalam hal ini akan mengulas tentang strategi seperti apa untuk bisa mengerjakan soal CPNS dengan mudah. Sehingga Anda tidak perlu memakan waktu lama dalam memikirkan jawabannnya.

  1. Pilihlah Dan Kerjakan Soal Yang Memungkinkan Benar 80%

Dalam mengerjakan soal, Anda awalnya harus bisa memilih tingkatan kesusahan soal. Memilah satu demi satu, kemudian berilah tanda pada soal yang menurut Anda akan dikerjakan di awal. Untuk strategi mengerjakan soal CPNS pertama Anda kerjakan soal yang 80% kebenarannya. Sehingga hal ini akan menguntungkan untuk Anda karena sudah jelas 80% atas kebenarannya. Baru kemudian Anda bisa melanjutkan langkah selanjutnya setelah ini.

  1. Tandai Soal Yang Memungkinkan Benar 50%

Selanjutnya, Anda bisa memilah mana soal yang kemungkinan benar 50%. Untuk soal ini Anda pasti akan merasakan keraguan yang seimbang Antara benar atau salah. Untuk itu Anda bisa menandainya dengan nomor-nomor mana yang masih ragu-ragu untuk dijawab. Pertimbangkan dengan matang, lalu nanti bisa dikerjakan setelah Anda menemukan jawaban yang pasti dengan segala pertimbangan.

Baca Juga : Syarat Mendaftar CPNS 2018

  1. Tinggalkan Dulu Soal Yang Belum Bisa Anda Ketahui Jawabannya

Nah untuk yang satu ini, Anda bisa meninggalkan dahulu soal yang Anda pilah karena tidak tahu apa jawabannya. Karena jika Anda terus memikirkan soal ini akan menghabiskan banyak waktu. Mungkin setelah Anda memilahnya, Anda bisa langsung mengerjakan soal yang berbobot kebenaran 50% dahulu, karena itu lebih pas didahulukan sebelum mengerjakan soal yang ini.

  1. Kerjakan Soal Yang Punya Bobot Benar 50%

Setelah Anda menemukan beberapa soal yang tidak Anda ketahui jawabannya, Anda mengerjakan soal yang bobot kebenaran 50% saja. Dengan segala pertimbangan yang pasti, Anda tidak memerlukan waktu banyak untuk menjawab soal yang ini. Cukup dengan memantapkan hati, dan perlahan Anda memfokuskan pikiran untuk mendapatkan jawaban yang sesuai. Hal ini nantinya juga akan mempengaruhi hasil dari penilaian soal yang Anda kerjakan.

  1. Kerjakan Soal Yang Tidak Anda Ketahui Jawabannya

Dan strategi mengerjakan soal CPNS yang terakhir adalah mengerjakan soal yang Anda tidak tahu jawabannya. Untuk mengerjakan soal ini, silahkan Anda cek dari keseluruhan jawaban huruf apa yang sering keluar. Jika didominasi huruf A misal, maka jawablah soal yang Anda tidak mengetahui jawabannya dengan huruf A semua. Hal ini ampuh untuk dilakukan, karena kemungkinan besar jawabannya akan didominasi oleh satu huruf. Maka Anda tidak memakan banyak waktu untuk mengerjakan soal semacam ini. Cukup mudah dan akan lebih cepat daripada Anda menghabiskan banyak waktu, dan tidak menjawab keseluruhan soal.

Itulah beberapa strategi dalam mengerjakan soal yang harus Anda perhatikan. Kerjakan dengan teliti dan tentunya jujur, agar memperoleh hasil yang memuaskan. Anda akan merasakan kepuasan tersendiri jika Anda bisa menjawabnya dengan jujur dan dilandasi dengan belajar yang rajin sebelumnya. Pasrahkan segala hasil kepada Allah, dan ikhlas atas apapun hasilnya. Selamat berjuang, dan mengerjakan soal dengan penuh semangat serta jangan lupa untuk berdo’a.

About the author: Mira Septiana

Related Posts

Leave a Reply

%d bloggers like this: